6 ciri keluarga yang kuat dan sehat

on

Bagaimanakah memiliki sebuah keluarga yang kuat dan sehat? Saya rasa banyak orang yang berusaha untuk memiliki keluarga yang seperti ini. Artikel ini, yang saya ambil dari pelayanan Family Shield Ministry memberikan 6 ciri keluarga yang sehat. Mereka meneliti 14000 keluarga dengan karakteristik yang berbeda-beda di 24 negara. Hasilnya adalah 6 ciri keluarga yang kuat dan sehat.

#1 Komitmen
Pernikahan sebenarnya adalah sebuah perjanjian (covenant), dan satu-satunya landasan agar perjanjian untuk bisa bertahan adalah ketika anggota keluarga memiliki komitmen untuk bersama-sama dalam pernikahan.

Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.  Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”  (Matius 19:5-6)

Keluarga yang sehat menghargai kesatuan keluarga.

#2 Perhargaan dan Kasih
Pada dasarnya semua manusia membutuhkan penerimaan, penghargaan dan kasih yang tidak bersyarat. Anggota keluarga yang sehat akan merasa disatukan oleh ikatan kasih yang kuat di antara mereka, dan kasih tersebut ditunjukkan dengan cara-cara yang sehat.

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Ef 4:32)

Keluarga yang sehat saling menunjukkan kasih dengan cara-cara yang membuat anggota menikmati kekeluargaan

#3 Komunikasi Positif
Komunikasi dilakukan oleh semua manusia dan kita menghabiskan waktu yang sangat banyak untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Di dalam keluarga yang sehat, komunikasi akan dilakukan untuk membawa kesejahteraan bersama.

Hati orang bijak menjadikan mulutnya berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan. (Ams 16:23)

Keluarga yang sehat akan terampil dalam berkomunikasi secara sehat dan menggunakan waktu untuk berkomunikasi bersama-sama

#4 Waktu bersama
Kesatuan dibangun lewat kasih yang dinyatakan dalam komunikasi yang positif dan waktu bersama. Dengan menghabiskan waktu bersama-sama, baik dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu ataupun dalam kegiatan informal, anggota keluarga membangun kesehatan dan kekuatan keluarga.

Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.(Luk 2:51-52)

Keluarga yang sehat akan meluangkan waktu dan bertumbuh bersama-sama

#5 Kesejahteraan rohani
Yang akan menguatkan keluarga untuk melalui kehidupan ini dengan sehat adalah adanya kondisi kerohanian yang baik, yang akan memampukan anggota keluarga untuk melewati kehidupan dengan cara yang sungguh-sungguh membawa berkat.

“Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” (Jos 24:15)

Keluarga yang sehat akan mengutamakan Allah dan bertumbuh dalam kerohanian

#6 Kemampuan untuk menangani stress dan konflik
Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang lepas dari masalah. Yang menjadi masalah bukanlah masalah itu sendiri, namun bagaimana reaksi kita terhadap masalah tersebut. Dalam keluarga yang sehat, anggota keluarga akan memberi reaksi yang sehat dan kemudian bertumbuh melalui pergumulan dan krisis yang dialami.

sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun. (Yak 1:4)

Keluarga yang sehat akan dapat melihat krisis sebagai kesempatan untuk bertumbuh.

Ini adalah beberapa ciri dari sebuah keluarga yang sehat. Adakah yang bisa ditambahkan dalam daftar ini?

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s