Menghadapi Perubahan: Just Do It!

on

Perubahan pasti akan terjadi dalam kehidupan setiap orang. Ada perubahan yang membawa kebaikan, ada juga yang membawa tekanan dan penderitaan. Dalam banyak peristiwa, perubahan membawa rasa tidak aman dan pertanyaan. Untuk itu kita melakukan perencanaan sebelum melakukan perubahan, dan mengundang kawan untuk terlibat dalam proses perubahan. Kedua hal ini akan menolong kita untuk melewati perubahan dengan lebih sejahtera. Apa yang perlu kita lakukan setelah merencanakan dan mengundang orang?

Setelah tiba di tepi Sungai Yordan, mulailah mereka menebang pohon. Perencanaan dan pertemanan yang terbaik tidak akan menghasilkan kebaikan jika tidak dilakukan. Jika anda telah merancang sebuah perubahan, anda juga perlu membuat komitmen untuk menyelesaikannya. Anda perlu melakukan perubahan itu! Ada masa untuk merenungkan segala sesuatu, namun ada juga masa untuk melakukan dan menjalankan dan menyelesaikan.

Tiba-tiba mata kapak seorang di antara mereka jatuh ke dalam air. Ketika kita sudah mulai menjalani proses, jangan heran bahwa perencanaan yang terbaik pun tidak dapat mengantisipasi adanya masalah. Masalah dalam sebuah proses perubahan adalah sebuah kepastian, sama seperti keberadaan perubahan itu sendiri. Kegagalan, kesalahan, ataupun tantangan dari luar diri kita adalah berbagai macam masalah yang mungkin timbul dalam proses perubahan. Namun keberadaan masalah bukan berarti kita akan menghentikan proses perubahan yang telah direncanakan. Mungkin dibutuhkan revisi, mungkin dibutuhkan komitmen yang baru. Apapun, jika perubahan ini adalah sesuatu yang penting bagi kita, maka kita akan siap untuk menghadapi masalah apapun yang menghalangi jalan perubahan ini. Just Do It!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s