Bertumbuh bersama dalam komunitas – Prinsip-prinsip penting dalam bertumbuh


Pertumbuhan adalah ciri makhluk hidup. Manusia perlu bertumbuh dalam semua aspek kehidupan: fisik, sosial, emosional & spiritual. Namun pertumbuhan rohani memiliki nilai yang berbeda, karena  bagi orang percaya kehidupan sejati dimulai saat hubungan dengan Allah terjalin kembali lewat Yesus Kristus. Yang menjadi menjadi tujuan utama pertumbuhan itu adalah pengenalan akan Allah dan keserupaan akan Kristus.
Pertumbuhan orang percaya adalah sesuatu hal yang telah dijamin. Allah sudah mengusahakan segala sesuatu agar kita bertumbuh dan menghasilkan buah yang berkualitas. Namun manusia masih memiliki kehendak bebas untuk mengikuti rencana Allah atau sebaliknya. Pertumbuhan yang sehat terjadi ketika kita mengambil keputusan untuk hidup dalam kesatuan dengan Allah, dan mengijinkan Allah mengelola pertumbuhan kita dalam cara dan waktu-Nya.
Meskipun Allah-lah sumber, pemelihara dan tujuan pertumbuhan, namun Ia mengajak manusia untuk terlibat dalam pertumbuhan sesamanya. Orang-orang seperti Paulus, Apolos dan lainnya secara sengaja terlibat untuk menolong orang lain bertumbuh. Bahkan Paulus katakan itulah hal yang dengan sangat kuat ia kerjakan, yaitu untuk menolong orang mengalami pertumbuhan ke arah Kristus. Inilah komunitas orang percaya yang saling terjalin dan terikat satu sama lain untuk bersama-sama bertumbuh menuju keserupaan dengan Kristus. 
Pertumbuhan bersumber dari Allah, namun kita manusia bertanggung jawab untuk memiliki sikap dan memberikan tanggapan yang akan mendukung kita untuk bertumbuh lebih. Karena kita bisa memilih apa tanggapan kita, maka kita perlu memiliki kehendak yang jelas dalam hubungannya dengan pertumbuhan. Kita perlu merumuskan apa yang kita inginkan terjadi, dan juga berkomitmen untuk membayar harga mendapatkan apa yang kita cari. 
Komitmen yang sangat penting adalah dengan sengaja melibatkan Tuhan dan sesama dalam proses pertumbuhan. Kita perlu mengambil sikap untuk melepaskan cara dan pemikiran kita tentang pertumbuhan, berserah dan mempercayai Allah sebagai sumber pertumbuhan. Kita juga perlu dengan sengaja mengundang orang lain untuk terlibat dalam pertumbuhan kita. Caranya bisa dengan memberi masukan/nasihat, menjadi teman pertanggungjawaban, menjadi mitra doa, tempat curhat dll. Kita pun perlu dan memiliki tanggung jawab untuk terlibat dalam pertumbuhan orang lain.

2 Comments Add yours

  1. Mosidin Suria mengatakan:

    Thanks

    ________________________________

    1. paulpla mengatakan:

      ur welcome..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s