Dasar KawanTumbuh, KawanTumbuh, kwantum, spiritualitas

Kwantum Jogja #1: Mengenal KawanTumbuh


KawanTumbuh adalah sebuah model pemuridan  yang berfokus pada pemulihan dan pembentukan rohani orang percaya dalam komunitas kasih karunia.  KawanTumbuh berhasrat besar untuk terlibat dalam pertumbuhan komunitas-komunitas kasih karunia percaya yang bertumbuh bersama dan terlibat dalam pertumbuhan orang percaya lainnya.

KawanTumbuh dimulai karena setelah bertahun-tahun melayani dengan model pelayanan pemulihan dan pemuridan, dirasakan ada hal-hal yang justru membawa kegelisahan dalam beberapa aspek pelayanan.

  1. Pelayanan pemulihan yang tidak mempertimbangkan aspek pemuridan jangka panjang, dan lebih menitikberatkan pada masalah spesifik seseorang. Misalnya: Orang dilayani karena takut pada sesuatu (fobia), namun tidak ditolong untuk melihat hidupnya dari kacamata Allah secara keseluruhan.
  2. Pelayanan pemulihan yang tidak mempertimbangkan aspek komunitas, karena sering tidak melibatkan kelompok di mana orang yang dilayani berasal.
  3. Pelayanan pemulihan yang memandang pemuridan dan komunitas sebagai tindakan lanjutan, dan bukan sebagai inti pemuridan. Dalam banyak situasi, orang yang dilayani didorong untuk masuk dalam komunitas yang baru, dan mengabaikan komunitas lama (yang mungkin masih bermasalah).
  4. Pemuridan yang tidak mempertimbangkan penghalang-penghalang pertumbuhan seseorang yang membutuhkan pemulihan.
  5. Pemuridan yang lebh menitikberatkan transfer pengetahuan dan percaya, namun tidak terlalu mempertimbangkan worldview (cara pandang), perasaan dan pola kebiasaan orang yang dimuridkan.
  6. Pelayanan pemulihan dan pemuridan yang tidak mempertimbangkan rancangan Allah spesifik bagi orang tertentu, yang seharusnya menolong dia untuk memandang hidup secara menyeluruh sesuai rancangan Allah.

Tujuan dibentuknya sebuah Komunitas KawanTumbuh (Kwantum)?

  1. Agar orang percaya hidup maksimal sesuai dengan rancangan Allah.

Sering orang mengartikan hidup maksimal dengan penanda situasi hidup dalam kesuksesan dan kebahagiaan. Maksimal yang dimaksud di sini adalah hidup mengalami dan memberi yang terbaik dalam kerangka rancangan Allah secara menyeluruh, tanpa bergantung pada situasi  sekitar. Orang bisa saja sedang berada dalam situasi kesakitan atau kelemahan, namun sebenarnya sedang maksimal karena sedang mengalami dan memberi yang terbaik. Atau orang bisa sedang berhasil dan maju dalam berbagai hal, namun sedang tidak memberi dan mengalami yang terbaik, dan belum maksimal dalam kerangka menyeluruh Allah. KawanTumbuh menolong dalam perubahan paradigma dan cara hidup yang mendukung seseorang untuk menjalani hidup menuju kemaksimalan sejati.

  1. Agar orang percaya memiliki komunitas yang secara sengaja bertumbuh bersama

Tidak mungkin orang bertumbuh maksimal sendirian, apalagi dalam jangka waktu lama. Ketika orang percaya tidak memiliki teman bertumbuh, kemungkinan ia sedang tidak betul-betul bertumbuh. Kita membutuhkan komunitas untuk bertumbuh. Namun agar maksimal, kita membutuhkan komunitas yang  secara sengaja mengambil komitmen dan pola hidup yang bertumbuh. Yang sering dikeluhkan adalah orang merasa tidak memiliki komunitas, atau tidak tahu bagaimana menemukan komunitas yang menolong bertumbuh bersama. KawanTumbuh menolong agar orang percaya bisa memulai dengan apa yang ada, dan membangun relasi dengan orang sekitar yang menolong kita memiliki komunitas yang dengan sengaja bertumbuh bersama.

  1. Agar orang percaya memiliki alat-alat dan keterampilan yang dapat menolong komunitas bertumbuh secara maksimal.

Orang percaya bukan saja perlu bertumbuh menuju kemaksimalan, namun juga perlu terlibat dalam pertumbuhan orang di sekitar. Ini adalah tugas untuk setiap orang percaya, walaupun akan dilakukan dengan kadar yang berbeda-beda sesuai dengan panggilan spesifik setiap orang. Karenanya orang percaya perlu menjadi terampil untuk menjadi penolong dan pendukung bagi sesama, termasuk dengan menjadi teman, mentor, pemulih, pemurid dan tugas-tugas lainnya. KawanTumbuh menolong agar ada seperangkat alat dan keterampilan yang mudah diakses komunitas-komunitas orang percaya, termasuk keluarga, gereja dan lembaga pelayanan, yang menolong pertumbuhan bersama menjadi terarah dan intensional.

Keunikan pelayanan KawanTumbuh

Untuk itu KawanTumbuh mencoba merancang model pemuridan yang melibatkan pemulihan dan pembentukan rohani, yang didasarkan pada terbentuknya komunitas kasih karunia, yang dengan sengaja berkomitmen untuk bertumbuh bersama. Beberapa keunikan dari pendekatan KawanTumbuh adalah:

  1. Agar pemuridan tidak hanya menyentuh aspek pengetahuan, KawanTumbuh menggunakan pendekatan naratif, yaitu melihat hidup dan interaksi di dalamnya sebagai sebuah Cerita Hidup
  2. Agar pemuridan tidak hanya menyentuh pengetahuan, namun bisa membongkar sikap dan pengalaman hidup, KawanTumbuh menggunakan pendekatan perubahan paradigma – yaitu perubahan cara pandang dan prinsip-prinsip hidup secara menyeluruh
  3. Agar pemuridan bisa melibatkan pemulihan menyeluruh, maka anggota komunitas ditolong untuk saling berbagi dan berinteraksi bersama, sehingga semua mendapatkan keterampilan dan juga mendapatkan pengalaman langsung
  4. Perubahan perlu terjadi secara menyeluruh, dan dimulai ketika orang percaya hidup mengenal dan mengalami Allah Tritunggal.

Modul-modul Utama

Bahan pemuridan terdiri  3 modul utama yaitu Kurikulum Perjalanan Keutuhan dan Metode Berbagi KawanTumbuh (BerKwanTum), serta modul CeritaHidupku.

Perjalanan Keutuhan adalah sebuah program pemulihan dan pembentukan rohani berdasar komunitas yang menolong orang percaya hidup sesuai rancangan awal Allah.

WhatsApp Image 2018-02-01 at 7.57.14 PM.jpeg

CeritaHidup adalah sebuah modul pemulihan dan pencapaian tujuan hidup dengan menggunakan narasi (cerita), peta hidup, biografi hidup dan juga aktivitas lainnya.

Graphics Cerita Hidupku 2018-04

BerKwantum adalah sebuah metode Pendalaman Alkitab secara Naratif, yang menolong komunitas untuk berbagi dan bertumbuh bersama.

Graphics Cerita Hidupku 2018-07.jpg

Bagaimana kami bisa menolong komunitas anda?

1.png

KawanTumbuh akan terlibat bersama untuk menolong komunitas anda bertumbuh melalui pemuridan dan pelatihan yang berbasis Kurikulum Perjalanan Keutuhan dan  Metode Berbagi KawanTumbuh (BerKwanTum). Lewat program pelatihan, komunitas akan dilatih untuk berbagi hidup melalui pembacaan Firman, cerita hidup, serta kebutuhan pertumbuhan dan doa pemulihan. Lewat berbagi inilah nilai, keterampilan dan kebiasaan baru dibagikan, yang membawa pemulihan dan pertumbuhan bersama. Semua pemuridan da pelatihan menolong komuntas untuk semakin berelasi dengan prinsip dan cara yang benar, dengan Allah dan sesama, berdasarkan kasih karunia lewat nilai-nilai keterbukaan, penerimaan satu sama lain, penyerahan akan Tuhan dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s