Dasar KawanTumbuh, kwantum, Pemulihan, Pertumbuhan

#2 Pendekatan dan Modul KawanTumbuh


Untuk dapat mencapai tujuan, maka KawanTumbuh mengembangkan modul-modul berikut sebagai sarana pemuridan, pelatihan, pemulihan dan pembentukan rohani.

  1. Dengan pendekatan naratif, yaitu memandang, memahami dan menjalani hidup sebagai bagian dari sebuah Cerita Agung – Modul CeritaHidup
  2. Dengan pendekatan perubahan cara pandang hidup, – Modul Perjalanan keutuhan
  3. Dengan pendekatan pertumbuhan berbasis komunitas – Modul PA Naratif Berbagi KawnTumbuh

Pendekatan Pelayanan: Naratif

Agar tercapai tujuan yang diharapkan, KawanTumbuh memandang kehidupan secara naratif, yaitu melihatnya sebagai sebuah cerita. Sebuah cerita yang menarik akan memiliki struktur seperti ini: Karakter, dengan motivasi dan Latar Belakang tertentu, memiliki Tujuan yang ingin dicapai dan berjuang untuk mendapatkannya (Jalan Cerita/Plot). Cerita menarik yang meresap dalam hati, apakah itu Harry Potter,  Star Wars, Lord of the Rings, atau bahkan cerita wayang, Ramayana maupun Mahabharata bisa dijelaskan dengan struktur di atas.

v4 Graphics Perjalanan Keutuhan 2018-16

Pendekatan yang sama bisa kita lakukan terhadap kehidupan ini, di mana tokoh utamanya adalah Allah, yang menciptakan dunia untuk tujuan-tujuan-Nya. Dan Allah sudah membagikan cerita itu dalam sebuah buku yang adalah kumpulan buku, yaitu Alkitab. Dunia ini, dan Alkitab, adalah HISSTORY – Kisah tentang Allah. Jadi Alkitab sendiri bercerita tentang sebuah Plot (jalan cerita) tentang dunia ini, yang dimulai dari awal penciptaan (Kejadian) sampai akhir segala sesuatu (Wahyu). Jalan Ceritanya sudah jelas, tokoh yang menang pun sudah jelas.

Pendekatan ini pun kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cerita Hidup adalah sebuah proses yang dialami seorang pribadi yang dalam pengaruh masa lalunya sedang berjuang untuk mencapai tujuannya.  Cerita HIdup kita terdiri dari masa lalu, yang berisi banyak cerita, baik dan buruk, yang membentuk Pribadi kita saat ini, dan juga membentuk apa yang sedang kita cari di dalam hidup ini.

Bagi orang percaya, hidup adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan, yaitu Panggilan Allah. Namun dalam kelemahan dan keberdosaan, banyak hal yang terjadi dalam hidup kita yang mengalihkan atau mengotori tujuan hidup tersebut. Kita sudah tahu bahwa luka yang berasal dari pengalaman traumatis maupun disfungsi dalam pengasuhan sangat mempengaruhi pribadi kita. Demikian juga hal-hal dalam keturunan yang ikut mempengaruhi dan memberikan benih dalam hidup kita. Yang terjadi kemudian adalah sebuah proses kehidupan yang mungkin tidak terlalu membawa sukacita, karena ada begitu banyak beban dan kelemahan yang menghalangi proses mencapai tujuan Allah tersebut.

Lewat modul CeritaHidup, KawanTumbuh menolong orang untuk melihat hidupnya seperti sebuah cerita/narasi. Cara ini untuk memudahkan orang dalam membereskan hal-hal yang menghalangi (pemulihan), memikirkan tujuan hidup (panggilan), dan melatih hal-hal untuk mencapai tujuan (pemuridan)

Solusi Pelayanan: Perubahan Worldview

Bagi banyak orang, CeritaHidupnya belumlah mencerminkan rencana Allah seutuhnya. Hal itu dikarenakan ada banyak hal dalam proses hidupnya yang memang tidak sesuai kehendak Allah, dikarenakan masih berada dalam dunia yang berdosa, dan diresponi dengan cara-cara yang tidak kudus. Secara rohani manusia terbentuk untuk tidak ikut dalam kehendak Allah. Dan setelah menjadi orang percaya pun, pergumulan untuk hidup dalam kehendak Allah merakan perjuangan yang tidak mudah, karena manusia kita sudah terbentuk.

Yang paling mengalami pembentukan dalam semua proses itu adalah cara pandang kita secara menyeluruh terhadap kehidupan. Inilah yang disebut sebagai worldview – cara melihat hidup, yang bagi sebagian besar orang tidak terdeteksi, karena terjadi secara natural dan terbentuk oleh semua proses kehidupan kita.

Biasanya dalam lingkup pemulihan, orang perlu digali ke dalam akar masalahnya, untuk membereskan penghambat pertumbuhan. Tapi sebenarnya yang paling mendapatkan dampak adalah worldview tersebut – yang secara holistik merupakan cara kita memandang kehidupan. Sehingga sebenarnya yang perlu mendapat bagian pemberesan terbesar adalah dalam cara pandang ini.

v3 Graphics Perjalanan Keutuhan 2018-08

Sebagai contoh:

  • Berapa banyak orang yang sudah menjadi Kristen, orang percaya, namun cara pandang hidupnya tidak mengalami perubahan, dan hampir sama saja dengan orang tidak percaya – mungkin yang membedakan adalah keberadaan Yesus sebagai Juruselamat, namun sering hal itu tidak mempengaruhi banyak aspek hidupnya – misalnya, caranya berbisnis, cara berkomunikasi, cara berpikir, tujuan-tujuan yang sedang dikejar..
  • Yang juga sering terjadi, orang mengalami pemulihan, yaitu pemberesan dari penghalang pertumbuhannya. Misalnya dari luka, trauma yang menyebabkan fobia dll., atau pemberesan hubungan dengan orang-orang. Atau bahkan juga pelepasan dari hal-hal yang mengikat. Yang jadi masalah adalah orang bisa mengalami pemulihan, namun worldview nya tidak berubah banyak, karena yang dipulihkan juga hanya sebagian aspek hidupnya…
  • Sekarang pertimbangkan contoh ke 3, ada orang yang tadinya mengalami banyak luka, namun karena sesuatu hal mengalami pergeseran paradigma yang mengubah cara pandangnya. Mungkin lukanya saat itu tidak langsung sembuh, namun dengan cara pandang yang baru, ia akan bisa melihat masa lalu dan masa depannya dengan cara yang berbeda – dan akan lebih mudah mengubah kebiasaan hidupnya.

Misalnya ada seseorang dengan worldview bahwa miskin itu hina dan membawa masalah. Dapat dibayangkan kalau orang ini mengalami kemiskinan di masa lalu, dia akan sangat terluka. Dan akan terus terluka ketika di masa sekarang pun hidup dalam kemiskinan. Namun bayangkan tiba-tiba orang ini mengalami pencerahan, yang membuat dia menyadari, bahwa menjadi miskin tidak otomatis sama dengan kehinaan ataupun masalah – kemungkinan besar dia akan melihat pengalaman masa lalunya dengan cara yang berbeda, dan juga akan menghadapi hidup dengan cara yang berbeda juga..

Untuk menjawab kebutuhan di atas, maka KawanTumbuh mengembangkan modul yang menolong orang untuk memiliki Worldview yang benar, yang disebut Paradigma Keutuhan.

Mengapa keutuhan? Barang seperti apa yang paling utuh – tentu yang baru saja keluar dari pabriknya sesuai quality control. Semisal HP baru ataupun Kulkas gres, bagaimana kita mengatakan bahwa barang-barang itu adalah barang yang utuh (whole)? Yang terutama adalah utuh secara tampilan, tidak ada cacat sedikitpun, dan juga utuh secara fungsi yaitu ketika dipergunakan, bisa dipakai maksimal tanpa ada error..

Manusia yang utuh adalah manusia yang sesuai dengan rancangan awal Allah, seperti yang tercantum pada Kejadian 1 dan 2. Ketika ada dosa pada Kejadian 3, maka manusia menjadi tidak utuh, dan sampai sekarang pun tidak utuh, kecuali ketika kemudian percaya kepada Yesus Kristus, Jalan Keutuhan. Secara natur (esensi) kita telah diperbaharui, tidak sama persis dengan manusia mula-mula, namun justru telah di-upgrade total menjadi baru oleh Kristus. Namun dengan casing ataupun manusia luar yang masih sama, dan dalam dunia yang masih sama berdosa.

Untuk itu penting kita memiliki Paradigma Keutuhan, yang menolong kita untuk hidup sesuai dengan rancangan awal Allah. Ini adalah serangkaian pola pikir yang dengan sengaja kita pilih untuk mengubah worldview kita, supaya selaras dengan kehendak Allah.

v4 Graphics Perjalanan Keutuhan 2018-17

Jadi kita hanya perlu bertanya, apakah hidup saya selama ini dibangun dengan kebenaran ini atau tidak?

Tidak masalah kalau kita mengalami banyak masalah, bahkan luka-luka dan kelemahan. Namun pertanyaannya sama: Sudahkah kita membangun hidup dengan berdasarkan kebenaran Allah yang merubah seluruh cara pandang kita? Kalau ya, maka jangan kuatir, kita sedang hidup dalam sebuah perjalanan menuju keutuhan.

Sebaliknya, kalaupun hidup kita kelihatan baik-baik saja, atau sepertinya tidak punya masalah, atau bahkan sedang sukses secara bisnis atau pelayanan, namun pertanyaannya sama: Apakah kesuksesan itu dibangun berdasarkan cara pandang Allah? dan kalau jawabannya tidak,  maka sebenarnya anda sedang ada dalam masalah..

Dengan model ini, kita mendasarkan kehidupan berdasarkan kebenaran-kebenaran ini, serta menolong orang dengan cara  (1) mendiagnosa apa yang menjadi pola pikirnya dan (2) menolong orang tersebut memilih paradigma yang benar

Dalam proses itu juga orang mungkin perlu dipulihkan dari luka yang membuat dia tidak bisa hidup dengan paradigma ini. Namun langkah pertama yang perlu diambil adalah dengan sengaja membangun hidup berdasarkan kebenaran yang mengubah cara pandang hidup.

  • Pengaruh masa lalu, mempengaruhi
  • Pola pandang hidup (worldview), mempengaruhi
  • Cara Hidup (pola pikir, perasaan dan tingkah laku)

Sering terjadi orang percaya, diminta untuk bertumbuh, mengubah Cara Hidup, agar selaras dengan kehendak Allah, namun ternyata mengalami banyak hambatan, yang sering berasal dari Pengaruh Masa Lalu. Untuk itu kemudian orang perlu mengalami pemulihan hati dan jiwa, dengan harapan worldview itu berubah, dan kemudian merubah Cara Hidup.

Namun sebenarnya, jika kita bisa merubah Cara Pandangnya, maka ada banyak pemberesan yang bisa dialami orang percaya, karena penghalangnya sendiri sudah  dipulihkan.  Jadi yang pertama kita lakukan adalah memastikan, lewat cara apapun (pemuridan ataupun pemulihan) Cara Pandang orang mengalami perubahan total. Paradigma yang ditawarkan di sini bukan hanya menjadi alat pembelajaran, tapi juga alat diagnosa – hal-hal apakah dalam Cara pandang saya yang sebenarnya belum mengalami pembaharuan.

Metode Pelayanan: Berbagi dalam Komunitas

Berbagi KawanTumbuh (BerKwantum) adalah sebuah sarana pemuridan dan pembentukan komunitas menggunakan model percakapan rohani. Setiap pertemuan menjadi sarana saling berbagi dan bertumbuh bersama. Dimulai dengan komunitas bersama-sama menjadikan Firman Tuhan sebagai dasar pertumbuhan. Kita berusaha memahami Firman Tuhan sebagai sebuah kisah yang Allah nyatakan bagi kita secara pribadi. dan pemahaman Firman Tuhan menjadi dasar bagi kita untuk Berbagi Cerita Hidup dengan sesama, dan kemudian kita pun mengundang Tuhan untuk terlibat dalam kehidupan kita bersama.

v4 Graphics Perjalanan Keutuhan 2018-18

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s